Teknologi Informasi Dan Gadget

Input Device, Process Device, Dan Output Device.

Pengertian input device


Input device adalah Device masukan pada komputer, Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah agar menghasilkan informasi yang diperlukan. Input device terdiri dari keyboard, mouse, joystick, scanner, microphone, kamera digital, Dll.

1. Keyboard

keyboard merupakan unit masukan yang paling penting pada Pc. Keyboard  berfungsi memasukkan perintah berupa ketikan seperti huruf, angka, dan karakter khusus lainnya. keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

2. Mouse

mouse adalah sebuah alat kamputer yang berfungsi untuk memindahkan atau menggerakan pointer yang ada pada layar monitor. Mouse biasanya memiliki 3 tombol. Yaitu 2 tombol utama atau main buttons yang berada di sebelah kanan dan di sebelah kiri. Dan 1 scroll buttons yang seperti roda yang berada di tengah mouse, berfungsi untuk menggulung atau memmindahkan tampilan dari atas ke bawah.

3. Joystick

Joystick adalah alat pada komputer yang berfungsi menggerakan suatu objek dalam permainan. Fungsinya sama saja seperti dengan stick PS atau semacamnya.

4. Scanner

Scanner adalah alat yang berfungsi untuk mengcopy atau menyalin sebuah foto atau teks dan disimpan ke dalam memori komputer. Fungsinya sama saja seperti mesin foto copy. Perbedaannya hanyalah jika mesin foto copy akan langsung tercetak dan terlihat hasilnya, tapi jika scanner masih tersimpan pada komputer untuk proses editing lalu bisa langsung di cetak

5. Microfon

Microfon berfungsi untuk merekam atau memasukan suara ke dalam komputer. Biasanya sering digunakan untu telekomunikasi.

Itulah beberapa contoh input device pada komputer masih banyak lagi input device yang lain seperti kamera digital, USB, Flash Disk, dan semacamnya. Bagi yang belum paham silahkan berkomentar di bawah sini. Dan bagi yang ingin belajar lagi, silahkan pilih materi selanjutnya :

Selanjutnya

1. Input Device
2. Process Device
3. Output Device
Tag : Computer
0 Komentar untuk "Input Device, Process Device, Dan Output Device."

Back To Top